Pengunjung

1205701
Hari iniHari ini1503
KemarinKemarin3447
Minggu iniMinggu ini12256
Bulan iniBulan ini18452
KeseluruhanKeseluruhan1205701
  • DirectionJl. KHZ. Mustofa No. 310
  • PhoneCS (0265) 322333

3 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.


Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh
Berikut ini adalah beberapa manfaat rutin donor darah bagi kesehatan yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:


1. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius
Pada pelaksanaannya, sebelum donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.


2.Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah
Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.


3.Membantu menurunkan berat badan
Untuk masyarakat yang saat ini sedang berfokus untuk menurunkan berat badan donor darah secara rutin dapat menjadi salah cara yang diambil. Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.


Dengan mengetahui beberapa manfaat dari donor darah diatas, diharapkan mampu memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor darah untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga dengan demikian, pasokan darah dapat terus terpenuhi, dan tubuh menjadi sehat.


Sumber: Kemenkes. Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat