Pengunjung

292357
Hari iniHari ini157
KemarinKemarin532
Minggu iniMinggu ini2432
Bulan iniBulan ini5582
KeseluruhanKeseluruhan292357
  • DirectionJl. KHZ. Mustofa No. 310
  • PhoneCS (0265) 322333

Sejumlah imbauan telah dikeluarkan pemerintah sejak merebaknya virus corona. Selain menganjurkan cuci tangan secara berkala dengan air dan sabun serta penerapan pola hidup bersih dan sehat,

masyarakat juga diminta untuk melakukan pembatasan jarak (social-physical distancing), serta tidak melakukan aktivitas di luar ruang jika tidak benar-benar mendesak. Beberapa perusahaan bahkan sudah menerapkan kebijakan agar karyawannya bisa bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Selama tinggal di rumah, baik itu sambil bekerja ataupun melakukan kegiatan lainnya, bukan berarti abai terhadap kesehatan. Menjaga kondisi tubuh dan menerapkan langkah pencegahan agar sistem imun terus terjaga tetap harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menghindari diri dari serangan virus dan bakteri selama berada di rumah.
1. Istirahat dan minum air putih yang cukup.
Memiliki waktu istirahat yang cukup. Sangat penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Pastikan Anda tidak begadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda. Selain cukup istirahat, pastikan diri Anda selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup.

2. Makan sehat dan konsumsi vitamin.
Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi COVID-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Atur menu makanan Anda dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang.
Anda dapat menerapkan konsep “Piring Makanku” yang memenuhi kaidah gizi seimbang sebagai berikut:
- Setengah porsi piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna.
- Seperempat porsi piring makan diisi protein, baik hewani (telur/ayam/ikan/daging) maupun nabati (kacang-kacangan).
- Seperempat porsi piring makan diisi karbohidrat kompleks (beras/biji-bijian).
- Lengkapi dengan minyak sehat (zaitun/kedelai/jagung/kanola). Hindari minyak yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi.
- Konsumsi cukup air putih. Batasi konsumsi susu hingga 2 gelas per hari, jus sekitar satu gelas per hari, dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

3. Menjaga higienitas.
Walaupun berada di dalam rumah untuk waktu yang cukup lama, Anda tetap harus memprioritaskan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik secara berkala, seperti sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, setelah beraktivitas, dan jika tangan kotor. Jika Anda batuk atau bersin, tutupi hidup dan mulut Anda dengan tisu. Setelahnya, segera buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan hingga bersih.

Kebersihan rumah juga harus dijaga. Bersihkan tempat-tempat yang memungkinkan kuman bersarang, seperti sela-sela lemari, belakang hiasan dinding, dan bagian dalam gorden. Bagi Anda yang memiliki area bekerja di rumah, jaga kebersihan lingkungan kerja seperti meja dan laptop secara berkala.

Selain menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, disarankan juga untuk memperhatikan kesehatan mental agar tetap dapat tenang dan berpikiran positif selama menghadapi pandemi COVID-19. Selektif terhadap informasi yang didapat dan pastikan hanya menerima dari sumber yang akurat dan dapat dipercaya. Berkomunikasilah selalu dengan keluarga dan sahabat untuk menanyakan kabar, memberikan dukungan, atau melakukan kegiatan bersama lewat video call. Mari tetap sehat dan semangat!