Pengunjung

267687
Hari iniHari ini72
KemarinKemarin630
Minggu iniMinggu ini3637
Bulan iniBulan ini18430
KeseluruhanKeseluruhan267687
  • DirectionJl. KHZ. Mustofa No. 310
  • PhoneCS (0265) 322333

Sebagai langkah mencegah penyebaran COVID-19, pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas dengan tetap berada di rumah. Imbauan ini mendorong banyak perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home.

Walau bekerja dari rumah, pastikan produktivitas tetap terjaga. Sejumlah tips berikut ini dapat diikuti agar pekerjaan tetap selesai tepat waktu dan memenuhi target:
Bangun komitmen untuk bekerja serius
Pahami bahwa bekerja dari rumah bukan berarti libur. Tanamkan pola pikir jika Anda hanya pindah tempat kerja menjadi di rumah dan Anda masih memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus dituntaskan seperti saat berada di kantor.


Siapkan ruang kerja khusus di rumah
Teman dan anggota keluarga bisa menjadi gangguan tersendiri saat bekerja di rumah. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyiapkan ruang kerja khusus di rumah sebagai batasan pengingat antara urusan pekerjaan dan pribadi di rumah. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus.

Atur jam kerja di rumah sesuai jam kerja saat berkantor
Bekerja dari rumah bukan berarti dapat mengatur jam kerja sesuka hati. Tetap terapkan jam kerja yang menyesuaikan jam saat berkantor untuk menjaga produktivitas dan komunikasi yang lebih efektif.

Buat daftar berisi hal-hal yang harus diselesaikan agar alur kerja lebih teratur
Tulis hal-hal yang harus dikerjakan hari itu maupun seminggu ke depan dalam tabel daftar kerja maupun buku catatan kerja Anda. Cara ini akan membuat kerja lebih terstruktur saat di rumah.

Tetap koordinasi dengan rekan kerja
Senantiasa terhubung dengan tetap berkomunikasi melalui saluran komunikasi digital, seperti chat, telepon, video call, dan sejenisnya. Berikan kabar mengenai tugas yang telah selesai maupun sedang dikerjakan kepada atasan maupun rekan kerja agar proses kerja tetap berlangsung optimal. Anda juga bisa mengusulkan untuk melakukan rapat rutin setiap hari pada jam tertentu untuk saling mengabari hasil kerja dalam tim.

Praktikkan kelima cara di atas agar Anda tetap bisa menjaga produktivitas selama bekerja dari rumah. Pastikan juga Anda menerapkan pola hidup sehat selama bekerja dari rumah, seperti cukup istirahat, banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan rutin berolahraga. Yuk, tetap sehat dan produktif selama masa pandemi!