Pengunjung

292373
Hari iniHari ini173
KemarinKemarin532
Minggu iniMinggu ini2448
Bulan iniBulan ini5598
KeseluruhanKeseluruhan292373
  • DirectionJl. KHZ. Mustofa No. 310
  • PhoneCS (0265) 322333

Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) terus meluas dan menginfeksi banyak orang di seluruh dunia sehingga membuat banyak pihak merasa khawatir dengan kesehatan diri dan juga keluarganya.

 Walaupun COVID-19 kebanyakan menyerang orang dewasa, orang tua tetap perlu waspada dan menerapkan sejumlah langkah pencegahan khususnya bagi anak. Hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk melindungi anak dan keluarga dari COVID-19 dalam usaha memperlambat penyebaran virus.

Berikut adalah beberapa upaya perlindungan yang dapat orang tua lakukan untuk anak:
Biasakan cuci tangan
Virus corona disebarkan melalui kontak manusia. Karena itu, mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari paparan virus. Ajaklah anak untuk sering mencuci tangan dengan air mengalir minimal 20 detik, antara lain setelah menggunakan mainan, sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi, sehabis menyentuh hewan, serta setelah batuk atau bersin. Pastikan anak membersihkan hingga ke sela-sela jari, punggung tangan, ujung kuku, dan menggosok tangan dengan saksama sebelum membilasnya.Jika tidak mendapatkan akses terhadap air dan sabun, anak tetap dapat menggunakan hand sanitizer.

Etika batuk dan bersin
Batuk dan bersin memiliki etika atau cara yang harus dilakukan. Edukasi yang benar tentang etika batuk dan bersin penting diajarkan kepada anak sejak dini. Hal ini berguna untuk melindungi anak dari potensi penyebaran penyakit melalui percikan ludah saat batuk dan bersin. Berikut cara mengajarkan etika batuk dan bersin secara baik dan benar kepada anak:

- Ajar anak untuk menutup hidung menggunakan tisu atau siku saat sedang batuk atau bersin.
- Ajar anak untuk tidak menutup mulut dan hidung menggunakan telapak tangan saat sedang batuk. Palingkan wajah dan jangan batuk di hadapan orang lain.
- Langsung buang tisu bekas pakai ke tempat sampah.
- Cuci tangan setelah batuk atau bersin dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer.

Hindari menyentuh wajah
Tubuh manusia dapat terpapar virus lewat mata, hidung, dan mulut. Padahal, anak-anak mudah memegang benda asing dan kemudian menyentuh wajahnya secara tak sengaja. Untuk itulah, penting bagi orang tua menuntun dan mengajari anak belajar tidak menyentuh wajah terlalu sering, terutama mata, hidung, dan mulut jika tangan tidak dalam keadaan bersih.


Terapkan gaya hidup sehat
Pada kondisi pandemi seperti sekarang, sangatlah disarankan bagi setiap orang untuk membangun daya tahan tubuh yang kuat. Pastikan anak selalu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan vitamin secara teratur, serta istirahat cukup.


Batasi bermain dengan teman
Selain menjaga kebersihan diri anak untuk mencegah infeksi virus corona, orang tua juga dapat merapkan hal tambahan seperti tidak membuat janji pertemuan bermain dengan teman anak ataupun tetangga, terutama jika ada dari mereka yang sedang sakit, batuk dan bersin, serta memiliki riwayat bepergian ke negara terjangkit.


Meskipun ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa virus corona jarang menginfeksi anak-anak, namun orang tua tetap perlu waspada dan siaga. Jika Anda mendapati gejala batuk atau flu, demam > 380C, sakit tenggorokan, dan sulit bernapas pada anak Anda, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan cepat dan tepat.